Friday, March 25, 2016

Hidup Untuk Menghidupkan

Betapa Allah sangat menyayangi umatNya, menciptakan atmosfer untuk menyaring radiasi surya sehingga spektrum yang sampai ke permukaan bumi tidak merusak organ tubuh makhluk hidup, memiliki penyangga yang membuat permukaan bumi terhindar dari pemanasan dan pendinginan yang berlebihan, karena tanpa adanya proses penyanggaan atau penyerapan, penerusan dan pemantulan radiasi oleh atmosfer, suhu bumi saat siang hari bisa mencapai lebih dari 93oC, malam hari bisa mencapai lebih dari -184oC. Meskipun hanya sebagian kecil dari radiasi yang dipancarkan matahari diterima permukaan bumi, namun radiasi surya itu sumber energi utama untuk proses fisika atmosfer, dalam hal ini menentukan keadaan cuaca dan iklim di atmosfer.

Betapa Allah sangat menjaga makhluk hidup di alam semesta. Kita sebagai manusia, tidak lebih dari sebuah partikel kecil di bumi ini, begitu kecil, begitu lemah, begitu ringan, hanya satu yang manusia punya yaitu keberanian. Keberanian untuk memulai, untuk memilih, untuk bergerak, untuk berusaha melakukan sesuatu dan berkarya. Tidak ada yang patut dan pantas untuk disombongkan.

Manusia juga khalifah di atas muka bumi ini, bukan sekadar untuk hidup malah harusnya untuk menghidupkan. Sesuai prinsip, yaitu beramal untuk hidup

Ada satu kalimat yang dikatakan oleh seseorang yang saya sayangi, yaitu
"Amanah bukanlah permainan, bukan juga sesuatu yang patut dibanggakan, karena amanah harus dipertanggung jawabkan, di dunia dan dihadapan Tuhan"
Dengan menjadikan Bemp sebagai salah satu dari beberapa organisasi non-profit yang saya jalani untuk melakukan hal baik, dengan kata lain saya harus siap dengan resiko yang harus dihadapi. Amanah tidak boleh diminta, dan ditolak, tapi dikasih. Amanah yang sudah diberikan hari ini, tertanggal 24 Maret 2016 juga sebelumnya melewati banyak pertimbangan untuk adanya kemajuan bersama, dan juga berasal dari sebuah kepercayaan. Terima kasih.

Semoga pundak ini dikuatkan, tidak mengecewakan dan dilancarkan saat mengemban amanah melalui Departemen Humas Bemp Geografi setahun kedepan, juga dapat bekerja dan melakukan proses pembelajaran sebaik-baiknya. Semoga kami bisa bekerjasama untuk kemajuan yang lebih baik, karena ini menyangkut amanah dan hajat orang banyak.

Jakarta, 25 Maret 2016. pukul 01:19 AM

Febri Fazriati

1 comment:

  1. Awal paragraf dibuka dengan bahasan kuliah metklim ya. Good!

    ReplyDelete